Sadarkah Anda Positif Thinking Selalu Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup ?

Dalam kehidupan kita, hal yang paling mengganggu dan memberi dampak negatif sebenarnya berasal dari pandangan buruk terhadap diri kita sendiri.

Kadang kita terlalu keras menghukum pikiran kita dan merendahkan diri kita sendiri atas kejadian-kejadian buruk yang menimpa diri kita atau pun orang lain baik pada masa-masa lalu kita maupun yg kita bayangkan pada masa-masa depan nanti.

Sebelum lebih jauh…….. Penulis artikel pada blog ini  ( http://kita-pembelajar.blogspot.com ) berharap semoga bisa menjadi pribadi yg benar-benar bisa mengimplementasikan sifat Positif itu dan sedapat mungkin menghindari sifat Negatif dalam kehidupan keseharian diri penulis.

Setelah itu sambil berbagi memberikan masukan2 pada pembaca blog yg kebetulan “mampir/singgah” di artikel ini .

Ya, menurut “sumber” yg dibaca oleh penulis . ada beberapa STEPS untuk perlahan-lahan menghilangkan sifat negatif yg ada di diri kita, apakah itu ? 

1.) KITA SEBENARNYA HIDUP DI SAAT SEKARANG, BUKAN KEMAREN

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas.

Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang.

Jika kita menemukan pikiran kita terkungkung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa sekarang ini yang dapat kita kontrol atau kendalikan.

2.) KATAKAN HAL POSITIF PADA DIRI SENDIRI

Katakan pada diri kita bahwa kita sebenarnya bisa kuat, kita sesungguhnya mampu.!

Ayo, kita ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri kita sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu kita harus mengambil keputusan sesulit apapun atau….. kita tidak mempercayai apa yang telah kita katakan pada diri sendiri.

3.) PERCAYA PADA KEKUATAN PIKIRAN POSITIF

Jika kita berpikiran positif, maka hal-hal positif itu akan datang dan setidaknya kesulitan-kesulitan itu akan terasa lebih ringan.

Sebaliknya, jika kita berpikiran negatif,mungkin hal-hal negatif pula yg akan menimpa kita.

Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. ( Masih ingat ? atau pernahkah anda baca buku ringan : Attractor Factor , The Secret, Quantum Phisics atau ESQ Power ? semua ada korelasinya dengan ini )

Memang tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir kita yg sudah terbentuk oleh perasaan kita, namun jika kita bisa berusaha maka usahanya akan sebanding dengan hasil yang bisa kita petik.

4.) TIDAK HANYA BERDIAM DIRI.

Telusuri apa yang membuat kita berpikiran negatif……, perbaiki, dan kembalilah  maju.

Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi kita, juga membuat kita akan merasa tambah buruk dan tertekan.

Belajar untuk menerimal apa yang telah terjadi…, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju…..’cause the life must go on my bro…………

 

5.) TETAP FOKUS dan FOKUS PADA HAL-HAL YANG POSITIF.

Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki.

Kalo kita bisa  membuat sebuah Jurnal atau semacam Form Report / Laporan Contoh : sebuah Buku “Jurnal Rasa Syukur”. atau kalu lagi kena syndrome malas setidaknya kita ketik di hape kita lalu kita simpan ketikkan itu.

Tidak masalah kapan saja waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut.

Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti :

‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’.

Selama kita tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif kita lalu akan  menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika kita mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal atau ketikan itu tersebut.

6.) BERLARI, BERJALAN ATAU SETIDAKNYA BERGERAKLAH.

Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan kita menjadi lebih baik.

Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik.

Ketika kita merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat kita merasa lebih baik.

7.) TETAP BERANI HADAPI RASA TAKUTMU

Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut kita akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri kita .

Jika kita takut akan sesuatu, lakukan sesuatu yg positif untuk mengatasi rasa takut itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut itu yg justru akan menghentikan kita.

8.) COBA HAL-HAL BARU

Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Dengan mengatakan “ya” pada kehidupan kita, membuka lebih banyak kesempatan untuk tumbuh…tumbuh…dan berkembang ..’.

Pengalaman baru yg kecil atau besar,unik dan asyik pasti akan membuat hidup kita terasa lebih menyenangkan dan berguna….,tentu saja pengalaman itu pada seseorang yg membuat kita merasakan senang / cinta dan bermanfaat pula.

9.) UBAH CARA PANDANG

Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif.

Mari kita untuk tidak takut menyama-nyamakan pada masa lalu kitatidak untuk berpedoman atas sesuatu yg “pahit” yg terjadi pada masa lalu kita.

Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

LALU BAGAIMANA MEMBANGKITKAN POSITIF THINKING KITA ?

Melihat keburukan seseorang, jauh lebih mudah daripada menemukan kebaikan dari seseorang.

Itulah kenapa sebuah kesalahan dari seseorang dapat menghilangkan ribuan kebajikan yang telah dilakukan orang tersebut.

Oleh karena itu kita harus mengatur midset kita dengan membiasakan diri berpikir positif terhadap seseorang.

Ada sebuah permainan ( game ) dimana ini adalah salah satu game yg akan membisakan dan membiasakan diri berpikir positif terhadap seseorang.

Game ini pernah disimulasikan dikelas kuliah saya dan pernah juga disimulasikan ketika saya mengikuti seminar dalam rangka dunia pekerjaan saya ,saat itu jumlah peserta game yg maju tampil kedepan 10 orang, termasuk saya sendiri.

Gamenya simple , kami di instruksikan oleh pengisi acara seminar untuk menulis minimal 3 hal positif yang dimiliki oleh peserta seminar itu

Kemudian sambil berjabat tangan, kami masing-masing mengucapkan hal-hal positif tersebut ke 9 orang lainnya yg tampil dalam simulasi itu.

Dan merekapun melakukan hal yang sebaliknya. Berikut adalah hasil penilaian 9 orang tadi kepada saya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: